Jumat, 19 Juni 2015

Pawai Menyambut Ramadhan di Lindu



Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436 H, anak-anak di kecamatan Lindu bersuka cita dengan mengadakan Pawai Ramadhan. Meski Lindu jauh dari keramaian kota, hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua serta belum ada akses listrik dan sinyal, muslim di Lindu tidak mau ketinggalan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Pawai Ramadhan kali ini merupakan kali pertama diadakan di kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Kesenian Hadrah persembahan anak-anak muslim dusun Kanawu desa Olu
Pawai ini dilaksanakan kemarin, Minggu (14/06) di desa Tomado, Kecamatan Lindu, mulai setelh Dzuhur sampai dengan sebelum Ashar.  Pawai dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh anak-anak penghafal Quran di Lindu dan kesenian Rebana oleh siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Al Khairat Kanawu.
Pembagian bendera kepada peserta pawai menyambut Ramadhan
anak-anak antusias membawa tulisan yang berisi pesan nasihat di bulan Ramadhan
Pencerah Nusantara Lindu Batch 3 turut bergabung bersama masyarakat muslim meramaikan acara Pawai Ramadhan tersebut. Anak-anak berjalan membawa spanduk menyambut Ramadhan seperti “Marhaban Yaa Ramadhan”, “Amal Baik Yess, Maksiat No”, “Selamat Datang Bulan Ramadhan” dan beberapa tulisan lainnya. Sepanjang pawai mereka juga memainkan sampra atau rebana dan juga meneriakkan yel-yel penyemangat. Pawai ditutup dengan tausyiah yang disampaikan oleh Ustadz Abriyanto. 

Anak-anak berpawai menyusuri desa Tomado menyambut bula Ramdhan dengan riang gembira
Selain untuk menyemarakkan suasana menyambut bulan Ramadhan, pawai ini juga dimaksudkan untuk menyampaikan syiar dakwah Islam. Ustadz Abriyanto dalam tausyiahnya  mengajak seluruh umat muslim khususnya di kecamatan Lindu untuk memanfaatkan Ramadhan dengan memperbanyak ibadah dan meninggalkan kemaksiatan.



Oleh Rahma Isna Saidah
Pemerhati Kesehatan PN3 Lindu
*Tulisan juga dimuat di dakwatuna.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar