Jumat, 19 Juni 2015

Desa Anca Juara III Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah



Desa Anca menyambut dengan meriah lomba desa tingkat kabupaten

Seperti cerita yang sebelumnya salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat adalah dengan Lomba Desa. Lomba desa menjadi ajang bagi desa untuk berlomba-lomba memperbaiki desanya. Kecamatan Lindu sebelumnya sudah melakukan Lomba Desa tingkat kecamatan yang diikuti oleh empat desa, yaitu Desa Puroo, Desa Langko, Desa Anca, dan Desa Tomado. Berdasarkan penilaian dan kunjungan langsung di lapangan, maka Desa Anca terpilih untuk mengikuti Lomba Desa tingkat Kabupaten, mewakili kecamatan Lindu.

Sebelum bertempur maka perlu dilakukan persiapan terlebih dahulu. Seluruh elemen dan SKPD di Lindu bahu membahu untuk melakukan persiapan di Desa Anca, terutama masyarakat Desa Anca sendiri. Sejak lama Desa Anca memang sudah bagus dan menjadi percontohan desa lain. Masyarakat disana sangat kompak dan mau untuk maju. Tim Pencerah Nusantara  dan Puskesmas Lindu ikut membantu membina persiapan lomba desa terkait bidang kesehatan. Adapun indikator bidang kesehatan yang dilihat adalah angka kematian ibu dan bayi, status gizi balita, dan mengenai air bersih serta jamban. 

Ibu Kepala Desa, Yuliani, yang juga merupakan Staff Puskesmas Lindu menjadi komandan terdepan dalam menggerakan masyarakat ke Posyandu. Sehingga sejak lama posyandu Anca sudah menjadi percontohan di Kecamatan Lindu. Kami mendampingi ibu-ibu kader untuk merapikan posyandu dan membuatnya lebih bagus. Mulailah pembinaan dari melakukan penilaian rumah sehat, administrasi posyandu, dan merefresh kembali pengetahuan ibu kader. Selain itu juga anak-anak dilibatkan untuk membentuk budaya baru mengenai kesehatan dengan menampilkan lagu cuci tangan pakai sabun. Setiap sore kami selalu datang ke Anca dan ikut membantu persiapan. Perawat Aghi yaitu Perawat Desa Anca dengan sigap mengarahkan ibu-ibu kader.
 
Warga antusias melakukan gotong royong untuk persiapan lomba desa
Anak-anak kecil begitu gembira menyambut keramaian lomba desa
PN3 mendampingi kader dan masyarakat dalam persiapan lomba desa tingkat kabupaten
Setelah semuanya siap, maka Lomba Desa mulai. Tim Kabupaten turun langsung untuk melihat lomba desa. Ibu kader juga diuji untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti “Untuk melihat bayi itu naik sesuai dengan umur dengan apa?” ibu Made dari kabupaten bertanya, “Dari KBM bu, kenaikan berat badan minimal” kader Merry lantang menjawab. Selain itu rumah sehat juga dilihat untuk melihat semua indikator Perilaku Hidup Sehat, dari makanan bergizi, jamban, air bersih, cuci tangan pakai sabun, dsb. Setelah selesai semua rangkaian penilaian di bidang lain tim kabupaten pulan. Kami menanti-nati hasil pengumuman lomba desa.
 
Penyambutan tim penilai oleh pemudi desa Anca dengan berbusana adat
Persembahan lagu cuci tangan pakai sabun bersama gerakan oleh siswa SD Anca
Kepala Desa Anca menyambut tim penilai lomba desa tingkat kabupaten
Persembahan nyanyian lagu Aku Anak Sehat dan Biji Jambu oleh anak-anak PAUD dengan busana adat
Tim Penilai melakukan penilaian tentang posyandu
Tim Penilai melakukan pencocokan data tentang data posyandu bersama perawat desa
Tim penilai memberikan bimbingan kepada kader sebagai masukan untuk peningkatan posyandu
Setelah menunggu 2 minggu kami mendapat kabar bahwa Lindu mendapat Juara III Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sigi dan Posyandu Anca mendapat pujian karena termasuk paling bagus se-kabupaten Sigi. Kabar ini sangat menggembirakan masyarakat Anca, rencananya saat Upacara 17 Agustus akan diserahkan hadiah kepada Desa Anca.

~Ns. Nahla Jovial Nisa~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar