Minggu, 12 Mei 2013

Refreshing Kader Posyandu untuk Revitalisasi Posyandu yang SEMAKIN TAMPAK NYATA


7  Mei 2013
Tim Pencerah Nusantara bersama Puskesmas Lindu mengadakan Refreshing Kader yang merupakan kelanjutan dari Pelatihan Kader Posyandu yang kami lakukan di bulan Desember tahun 2012 yang termasuk dalam program Revitalisasi Posyandu yang kami lakukan. Perencanaan kegiatan ini sempat terganggu akibat genset kami rusak, namun setelah membeli genset yang baru di Palu, kegiatan ini bisa kami laksanakan dengan bantuan LCD dan sound system milik kecamatan. Sebelumnya saat Pelatihan kader kami meminjam LCD dari Palu milik bagian Promkes Dinkes Kab.Sigi.
Pendaftaran refreshing kader posyandu
Pendaftaran peserta refreshing kader dimulai, sebanyak 32 kader dari 33 kader diundang menghadiri kegiatan ini. kader dari dusun sulit lembosa, ibu hajrah datang tepat waktu pukul 07.30, beliau sengaja menginap di rumah kerabatnya di Desa Tomado agar tidak datang ke Acara ini karena takut tidak dapat kapal untuk menyebrang di pagi hari. Kader yang lainnya datang pukul 07.40 karena mereka harus berjalan kaki dari desa Puroo, Langko, dan Anca (jauh loh ini jaraknya kalau berjalan kaki..(salut buat kader-kader ini)


Acara dibuka oleh Penanggung Jawab Puskesmas Lindu, Bapak Arwin Sukara,SKM. Kemudian Perawat Marni selaku MC melanjutkan tugasnya dengan mengajak ibu-ibu kader menyanyikan lagu untuk menyemangati pagi hari itu. Kemudian saya memberikan Pretest, Setelah itu fitri mempresentasikan hasil monitoring 11 posyandu yang kita lakukan setelah pelatihan kader. Hasilnya Posyandu Tomado dan Anca mengungguli posyandu lainnya.
pretest dulu ya ibu-ibu :)

Materi untuk refreshing kader hari ini adalah sistem Informasi Posyandu (SIP) yang dibawakan oleh Perawat Hesty dan Bidan Hasna membawakan materi Deteksi Dini kehamilan risiko tinggi dan tanda bahaya kehamilan. pada refreshing kali ini kami sengaja memberikan kesempatan kepada staf puskesmas untuk unjuk gigi di depan kader, sedangkan kami bertindak sebagai pendamping.




monitoring perkembangan posyandu

perawat hesti sedang menjelaskan tentang SIP

Ibu diana,kader desa tomado sedang berbagi cara mendapatkan  dana untuk membeli buku untuk SIP

ibu yemima, kader desa puroo sedang memberikan jawaban dari soal deteksi dini ibu hamil risiko tinggi


Setelah materi SIP diberikan, kami memberikan kesempatan kepada kader-kader Posyandu untuk berbagi pengalaman untuk mendapatkan dana untuk membeli 6 buku Format SIP  dan pengadaan PMT. Pada sesi ini juga dilakukan pembagian kelompok yang akan ditutor oleh kader Posyandu Tomado, Anca, dan Langko yang telah memiliki SIP, sehingga Posyandu yang lain dapat mencontoh format SIP.
Setelah pemberian materi Deteksi dini Kehamilan berisiko tinggi, kami  membagikan checklist Deteksi dini kehamilan berisiko yang kami susun berdasarkan kompetensi kader sehingga memudahkan kader untuk melakukan deteksi dini di wilayah kerja posyandunya. Soal diberikan dan perwakilan tiap posyandu menjawabnya dengan bantuan checklist tersebut. Kamipun memberikan beberapa checklist untuk dibawa pulang, dan menjadi PR mereka saat Posyandu berikutnya.

Semua materi telah diberikan, diakhiri dengan pemberian postest. Hasilnya cukup  memuaskan. Nilai tertinggi 90 didapatkan oeh kader dusun sulit sangali sebagai kader terbaik hari itu. Dan hari ini teknisi kulkas vaksin tata surya datang, sehingga kulkas vaksin kami bisa beroperasi. Selama ini jadwal posyandu menyesuaikan dengan datangnya vaksin, dengan adanya kulkas vaksin tenaga surya ini jadwal posyandupun bersama-sama kader kami  tetapkan. Semoga Revitalisasi Posyandu di Kecamatan Lindu semakin TAMPAK NYATA YA!

Kader terbaik :)


salam,
dr. Darsuna Mardhiah
Pencerah Nusantara Lindu Batch I

2 komentar: