Minggu, 12 Mei 2013

Mini Lokakarya:Upaya Peningkatan Managemen Puskesmas



Sesuai dengan amanat SKN 2004, dimana Puskesmas merupakan unit pelayanan kesehatan tingkat pertama, yang dalam melaksanakan kegiatannya Puskesmas mempunyai kewenangan untuk melakukan pengelolaan program kegiatannya. Sehingga perlu didukung oleh kemampuan manajemen yang baik. Manajemen Puskesmas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergik yang meliputi perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian. Penerapan manajemen pergerakan pelaksanaan dilakukan melalui forum pertemuan yang dikenal dengan Mini Lokakarya atau Lokakarya Mini. Salah satu mini loka karya yang dilakukan Puskesmas adala Mini Loka karya Lintas program yang berfungsi untuk memantau pelaksanaan kegiatan Puskesmas berdasarkan perencanaan dan memecahkan masalah yang dihadapi serta tersusunnya rencana kerja baru. 

Mini Lokakarya Lintas Program Bulanan Puskesmas Lindu
Tujuan dari lokakarya mini lintas program yang dilakukan internal puskesmas ini bertujuan untuk  meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar petugas internal Puskemas, termasuk Puskesmas Pembantu dan Bidan desa. Selain itu untuk mendapatkan kesepakatan dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan perencanaan yaitu Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK). Mini Lokakarya juga dapat dilakukan untuk mengetahui perkembngan pelaksanaan RPK yang telah disusun, memecahkan masalah yang terjadi dan menyusun upaya pemecahan dalam bentuk rencana kerja. Selain berhubungan dengan program, mini loka karya juga diharapkan dapat  meningkatkan motivasi petugas Puskesmas untuk melaksanakan kegiatan sesuai perencanaan. Oleh karena itu, inovasi dalam penyelenggaraan rapat bisa dilakukan supaya penyelenggaraan Mini Lokakarya tidak membosankan.
Gathering saat Minlok sebagai penjagaan internal hubungan personal antara petugas Puskesmas
Loka karya mini lintas program Puskesmas Lindu diadakan ada tanggal 26 April 2013 di ruang pertemuan Puskesmas Lindu dihadiri oleh 17 staff Puskesmas dan Tim Pencerah Nusantara. Acara dimulai oleh pak Arwin Sukara, SKM dengan pengumuman penerimaan PNS K2 dan hasil rapat koordinasi Kepala Puskesmas, ada  program yang mendapat teguran karena keterlambatan pelaopran sehingga Pak Arwin menghimbau untuk meningkatkan ketertiban dan menyepakati hari pengumpulan laporan bulanan adalah setiap tanggal 29.

Pak Arwin, Kepala Puskesmas Lindu membuka Minlok
  
Sinkronisasi program Pencerah Nusantara dan Puskesmas

Setelah itu laporan masing-masing program  dan sinkronisasi program yang akan berjalan dengan kegiatan Pencerah Nusantara. 
1.  Refresing kader diadakan pada tanggal 7 Mei 2013 materinya disesuaikan dengan hasil monitoring dalam program revitalisasi posyandu permasalahan di posyandu yang paling utama adalah belum adanya Sistem Informasi Posyandu (SIP) dan hasil survey kesehatan dasar PN menunjukkan 30% ibu hamil di Kecamatan Lindu beriiko. Sehingga untuk efreshing kader materi yang disampaikan adalah Sistem Informasi Posyandu (SIP) dan Deteksi Dini Ibu Hamil oleh Kader.
2.   Pembagian daerah binaan posyandu dan jadwal posyandu oleh petugas Pukesmas Lindu dan Pencerah Nusantara
3. Penetapan hari terampil yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapabilitas petugas Puskesmas Lindu baik dalam keterampilan klinis, managemen, teknik komputerisasi dan administrasi. Hari terampil ditetapkan setiap hari Jumat atau Sabtu minggu ke II tiap bulan.
4.   Pemantapan persiapan dan pembinaan  Riset Kesehatan Dasar 2013 di desa Lango
5.  Sinkronisasi kegiatan Pencerah Nusantara dan Puskesmas untuk membuat rencana kerja bulan Mei dan Juni
6.    Pertukaran bidan PTT di Kangkuro dan Tomado
7.   Sosialisasi petunjuk teknis penggunaan Dana Alokasi Umum (DAU)



Makan tumpeng bersama usai MinLok

Berbicang santai sambil menikmati makanan



Tiga "Nyai" perawat Puskesmas Lindu
Setelah membahas beberapa permasalahan di Puskesmas dan program kemudian disepakati untuk teknis pelaksanaanya. Setelah itu, loka karya mini ditutup dengan makan bersama ulang tahun dr.Darsuna sambil acara keakraban.

Ns. Fitri Arkham Fauziah











3 komentar:

  1. salam kenal dari kami yg baru belajar coba coba ngeblog..http://puskesmaspasirpanjang.wordpress.com/

    BalasHapus