Senin, 03 Februari 2014

Kemitraan dengan PKK Kabupaten Sigi "Jambore PKK Prop. Sulteng"


Jambore PKK adalah kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan di tingkat provinsi. Jambore PKK provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan pada tanggal 10-12 Januari 2014. Kegiatan ini diikuti oleh 12 kabupaten/kota di provinsi Sulawesi Tengah. Acara pembukaan pada hari jumat 10 Januari 2014 pukul 08.00, dihadiri oleh Gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah bersama ibu. Pada acara pembukaan ini setiap tim kelompok masing-masing kabupaten/ kota melakukan atraksi dan yel-yel yang memperkenalkan daerah masing-masing di depan tamu undangan dan peserta jambore PKK.
 
Stand Makanan Kab. Sigi

Kader peserta Jambore PKK Kab. Sigi

Tim PKK Kabupaten Sigi yang berjumlah 21 orang mendapatkan asrama (tempat tinggal) di anjungan Sulawesi Selatan. Acara yang dilombakan dibagi menjadi 2 ada yang kelompok dan individu. Lomba yang dilakukan individu adalah lomba penyuluhan KDRT, Posyandu, Tanaman Obat Keluarga, PAUD, dan pidato dari ibu kepala desa. Lomba yang dilakukan secara kelompok kebersihan tempat tinggal, masak, yel-yel lingkungan bersih & sehat, stand pameran, dan drama musikal.
 
                                                                      “Yel-yel Lingkungan bersih dan Sehat”

Buanglah sampah
Pada tempatnya
Buanglah sampah
Pada tempatnya
                                          Jangan dibuang
                                          Di Sembarang tempat
                                          Agar lingkungan menjadi bersih
Sampah di pisah
Sampah di pilah
Sampah di pisah
Sampah di olah
                                          Jangan ditumpuk
                                          Jangan dibakar
                                          Agar lingkungan jadi sehat



Tim PN 2 lindu berpartisipasi dalam pembinaan penyuluhan KDRT dan pembuatan teks yel-yel lingkungan bersih dan sehat. Yel-yel mengguanakan aransemen lagu 1 jam saja dengan lirik bertemakan pengelolaan sampah. Selain kegiatan perlombaan di acara jambore PKK ini juga ada kegiatan penyuluhan HIV/AIDS, Kanker, Pemberdayaan perempuan, dan adanya penyelenggaraan jenazah secara islam dan Kristen.

Acara jambore PKK ditutup dengan upcara penutupan, api unggun, dan drama musikal dari masing-masing tim kabupaten/kota. Tidak lupa diakhir adanya pengumuman-penguman dari setiap lomba. Kabupaten Sigi meraih 2 penghargaan yaitu Juara 1 Lomba Penyuluhan KDRT dan juara 2 Lomba kebersihan. 

by. Arie Ardiyanti, SMK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar