Kamis, 26 Maret 2015

Demam Cuci Tangan Pakai Sabun Di Desa Anca



Jika bertemu dengan anak – anak di Desa Anca lalu meminta mereka melakukan cuci tangan pakai sabun dengan benar, maka jangan heran jika mereka akan langsung menyanyikan lagu Cuci Tangan Pakai Sabun. Lagunya begini:

Aku Punya kebiasaan baru yang kudapat dari Ibu
Supaya tanganku bersih selalu
Kuman menempel aku tak mau
Ayo teman-teman cuci tangan pakai sabun
Begini caranya
Satu
Dua
Tiga
Cukup 20 detik…
Basahi tangan dibawah air mengalir
Gosok sabun di telapak tangan
Di sela jari
Jangan lupa punggung tangan
Bilas lalu keringkan
Pakai handuk atau tissue

Lagu ini plus gerakannya dengan lancar dipraktekan oleh anak-anak Anca. Selidik punya selidik lagu ini adalah lagu yang pernah diajarkan oleh Pencerah Nusantara Angkatan Pertama dalam menggerakan anak-anak untuk mencuci tangan. Tidak heran jika cuci tangan sudah menjadi kebiasaan mereka.

Ternyata pada suatu kali saat ada pertemuan ibu-ibu PKK di Desa Anca salah seorang ibu juga menyenandungkan lagu ini. Saya yang mendengarnya langsung tertawa dan bilang “ibu hapal juga ternyata”. “ Iya dok, bagaimana saya tidak hapal, anak saya pulang-pulang nyanyi lagu it terus”. “Bagus itu bu, dan jangan lupa cuci tangan”.

Lagu ini juga tidak hanya diketahui anak-anak Anca, semua anak SD di Lindu dengan mantap mampu mempraktekan cuci tangan.

Saat hendak makan, ramai-ramai anak-anak yang berada dalam kegiatan itu, pergi untuk mencuci tangan didapur dengan sabun sambil menyanyikan lagu tersebut. Luar Biasa! Ternyata belajar dengan bermain memang sangat pas untuk anak-anak. Banyak cara untuk membentuk kebiasaan sejak dari kecil. Hidup Lindunesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar