Kamis, 26 Maret 2015

Ayo Bangun Negeri



Generasi muda banyak yang menjadi harapan tetapi banyak pula yang menjadi cibiran. Harapan akan adanya generasi muda yang mampu menjadi tauladan untuk yang lebih muda dan menjadi penerus untuk mereka yang tua, tetapi tak sedikit pula yang menjadikan para generasi tua karena telah dirusak oleh minuman keras, narkoba, rokok, judi dan berbagai hal-hal negatif yang telah melekat pada diri seorang pemuda. Usia muda adalah penentuan bagaimana menjalani masa tua kelak karena dengan kekuatan jasmani dan ketajam pikiran seorang pemuda mampu untuk menyerap ilmu sebanyak-banykanya maupun berkelana untuk mengasah ketajaman ruhani dan kepekaan batin sebagai modal berkehidupan di masyarkat.

Menjelajahi Indonesia merupakan salah satu ikhtiar untuk mencapai hal-hal tersebut. Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa untuk dikagumi. Akan ditemui masyarakat dengan berbagai adat budaya, kondisi sosial kemasyarakatn yang bervariatif, akses yang tak terpredksikan, dan banyak lagi lainnya. Telah banyak program-program yang menjembatani dan memfasilitasi untuk melihat negeri ini lebih dalam dan lekat tetpa tentu dengan modal yang tidak sembarangan karena pasti akan melalui seleksi hingga dinyatakan layak untuk bertahan hoidup di suatu wilayah baru. 

Cobalah para pemuda, barangkali ada takdir Tuhan untuk mu di sana. Untuk lebih belajar arti kehidupan, untuk menempa jiwa dengan berbagai ujian, dan untuk mensyukuri atas nikmat Tuhan yang telah diberikan. Masyarakat daerah cenderung menerima orang baru dengan baik karena mereka yakin orang baru ini diharapkan membawa suatu perubahan baik untuk desanya. Asal tahu adat dan berperilaku yang sesuai dengan kondisi sosial masyarakat. 

Mereka butuh perubahan tetapi terkadang malu atau pesimis dengan kondisi yang telah lama mereka lalui. Akan banyak hal yang akan ditemui, sesutu yang baru yang tak pernah kau temui bahkan terpikirkan pun tidak. Kau akan dihadapkan berbagai ujian yang mungkin datang bertubi-tubi tetapi selama kita yakin bahwa ujian itu dihadirkan karena solusi telah diciptakan lebih dulu maka kau akan bisa mengambil hikmah dari ujian-ujian yang dihadrkan olehNya. 

Sayang kalau masa muda hanya tahu kemapanan tanpa pernah merasakan hidup untuk berjuang. Hanya sibuk dengan percintaan semu dan bergerombol tidak jelas. Yang hanya tahu foya-foya hingga ujungnya mati muda. Sayang seribu sayang kalau masa muda hanya dimanfaatkan untuk sekedar memenuhi nafsu dunia. Karena di luar sana kau akan melihat anak-anak yang berjuang untuk bisa sekolah setinggi mungkin di antara lilin-lilin penerang di malam hari. Kau akan temui puluhan orang harus memikul saudaranya berjalan kaki berjam-jam yang sakit untuk di bawa ke rumah sakit. Banyak hal anti kemapanan yang akan kau temui tetapi tidaklah mungkin akan tanpa hikmah karena speerti AL Ghazali katakan “Merantaulah maka kau akan mengerti arti kepulangan.”
Muda mendunia
Muda menginspirasi
Muda mandiri
Ayo kita bangun negeri...
~Yunita Junior~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar