Selasa, 24 Maret 2015

Hari Terampil : Peningkatan Keterampilan Tenaga Kesehatan Puskesmas Lindu



Belajar dari buaian hingga ke liang kubur, begitulah kata pepatah. Pepatah satu ini sangat tepat untuk menggambarkan bahwa setiap manusia harus belajar terus menerus. Setiap waktu ilmu pengetahuan berkembang menjadi lebih maju dan lebih baik. Tenaga kesehatan dalam hal ini perlu melakukan peningkatan kemampuan diri baik itu teori dan skill agar mumpuni dalam menangani pasien dan dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat. Hal inilah yang melatarbelakangi Pencerah Nusantara bekerjasama dengan Puskesmas Lindu untuk melaksanakan kegiatan Hari Terampil setiap bulannya. Kegiatan ini merupakan wadah bagi petugas untuk saling berbagi dan mengulang kembali pengetahuan yang pernah didapat saat di bangku kuliah ataupun saat pelatihan dari dinas. Selain itu kegiatan ini menjadi wadah untuk menambah pengetahuan baru.

Selasa, 24 Maret 2015 di Pagi hari yang cerah semua petugas yang hadir berkumpul di ruangan pertemuan Puskesmas untuk melaksanakan kegiatan Hari Terampil. Semua petugas saling membantu untuk mempersiapkan kegiatan ini mulai dari menghidupkan listrik melalui mesin generator, hingga mempersiapkan infocus untuk presentasi. Kegiatan diawali dengan pretest yang telah disiapkan oleh Pencerah Nusantara. Semua petugas focus mengerjakan soal dan sesekali mencoba mengingat-ingat pelajaran yang telah lampau.
Petugas serius mengerjakan soal pretest

Setelah selesai kegiatan dilanjutkan dengan materi mengenai manajemen cairan. Secara sederhana dan mendalam Ns. Nahla mengajak petugas mendiskusikan kegunaan cairan-cairan yang ada di Puskesmas. Di sela-sela diskusi petugas bertanya mengenai kasus-kasus yang pernah di dapatkan. Setelah itu bersama petugas mempraktekan penggunaan cairan yang tepat yaitu MgsO4 untuk penanganan ibu hamil kejang eklampsia. Tidak lupa penghitungan cairan pada bayi dan balita juga didiskusikan bersama yaitu penanganan dehidrasi berat pada bayi. Selain itu penanganan syok hipovelomik juga menjadi bahan menarik yang didiskusikan. Kegiatan juga disertai dengan mengerjakan contoh kasus yang ditampilkan kepada petugas.
Mendiskusikan contoh kasus terkait cairan
Setelah selesai mendiskusikan materi manajemen cairan dilanjutkan dengan istirahat bersama minum teh dan snack. Kegiatan selanjutnya yaitu demonstrasi penggunaan EKG dan interpretasi sederhana. Puskesmas Lindu sejak lama telah memiliki alat EKG sehingga dapat digunakan untuk merekam jantung pada pasien yang diindikasikan. Salah satu petugas diminta untuk mempraktekan cara penggunaan alat dan cara merekam. Setelah selesai masing-masing mencoba dan mengingat cara penggunaannya. Interpretasi sederhana EKG didiskusikan sambil melihat kertas EKG. Setelah kegiatan selesai selanjutnya dilakukan post test. Dari Hasil Post test rata-rata nilai Petugas yaitu 80 dari pretest 40. Hore!! Selamat!
Perawat Ros mempraktikan penggunaan EKG
Semua belajar cara penggunaan alat

Belajar Interpretasi EKG normal




Selanjutnya kegiatan Hari Terampil bulan depan akan diadakan dengan materi Basic Life Support yang akan diberikan oleh Petugas Puskesmas. Kegiatan hari terampil kedepannya diharapkan dapat berjalan continue dengan pengisi materi yaitu dari petugas, petugas akan sharing materi yang pernah di dapatkan dari pelatihan di dinas kesehatan. Hidup Lindunesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar