Sabtu, 31 Mei 2014

"SSBPN2" Apa itu.....?



Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa. Kalimat ini sering kita dengar dimana-mana. Anak-anak merupakan salah satu usia aktif yang perlu mendapat perhatian khusus dan pendidikan kesehatan oleh tenaga kesehatan terkhususnya anak usia sekolah. Salah satu kegiatan yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan adalah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS). Kegiatan UKS dan UKGS ini sudah berjalan di Puskesmas Lindu, tetapi pelaksanaan nya masih belum optimal. Dalam rangkaian kegiatan terhadap usia anak sekolah  Pencerah Nusantara Lindu Angkatan 1 bersama Puskesmas Lindu melaksanakan kegiatan penjaringan siswa dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Lindu.  Berdasarkan hasil data penjaringan anak sekolah Tahun 2013 yang dilakukan Tim Pencerah Nusantara Angkatan 1 ditemukan 68% siswa SD Kecamatan Lindu belum memiliki kebersihan perorangan atau personal hygiene, 79% memiliki gigi kotor, 86% memiliki karies gigi, 56% gigi berlubang, dan 20% status kurang gizi. 

Berdasarkan  laporan dan data yang diperoleh dari Pencerah Nusantara Lindu angkatan 1 tersebut, maka kami Pencerah Nusantara Angkatan 2 perlu melakukan intervensi untuk menyelesaikan masalah-masalah kesehatan yang ditemukan di sekolah di Kecamatan Lindu. Sekolah Sehat Bersama Pencerah Nusantara 2 atau disingkat dengan SSBPN2 merupakan rencana intervensi yang berbasis pendidikan kesehatan, upaya preventif dan promotif kesehatan menjadi landasan utama kegiatan ini. Untuk kelancaran kegiatan ini kami Tim Pencerah Nusantara Lindu Angkatan 2 mengadvokasi dan bermitra serta mengajak kerja sama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sigi, dalam hal ini adalah UPTD yang berada  di Kecamatn Lindu. Kegiatan SSBPN2 ini mendapat dukungan positif dari UPTD Kecamatan Lindu.
 
SSBPN2 akan menjadi langkah baru dalam kegiatan pemberdayaan di sekolah yang memperhatikan berbagai aspek yaitu aspek perilaku, lingkungan, dan pelayanan kesehatan sekolah. Juga menitikberatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah agar semua unsur yang ada disekolah mulai dari siswa, guru, penjaga sekolah, petugas kantin atau warung sekolah, orangtua siswa dan lain-lain terlindung dari berbagai gangguan dan ancaman penyakit, sekolah menjadi bersih dan sehat sehingga meningkatkan semangat proses belajar menagajar dan akhirnya meningkatkan prestasi belajar siswa. 

Dalam rangkaian kegiatan SSBPN2 yang menintikbearatkan PHBS di sekolah maka dari sekian banyaknya PHBS disekolah, kami menitik beratkan pada 8 kegiatan ber-PHBS disekolah yaitu; 
1.      Mencuci tangan dengan air bersih dan mengalir
2.      Jajan di kantin/warung sekolah yang sehat
3.      Membuang sampah pada tempatnya
4.      Mengikuti kegiatan olahraga di sekolah
5.     Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan
6.      Bebaskan siswa dan sekolah dari asap rokok
7.      Memberantas jentik nyamuk
8.      Buang air besar dan air kecil di jamban sekolah.
PHBS di Sekolah
Dengan ditetapkan delapan PHBS di sekolah tersebut maka diharapkan siswa-siswa di kecamatan Lindu menjadi lebih sehat.

‘AKU SEHAT, SEKOLAHKU SEHAT, PRESTASIKU MENINGAT’


by. Rino Irvan Satria, Amd.KL/ @ninox_irvan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar