Selasa, 01 April 2014

Ditandu Lagi 4 jam perjalanan jalan kaki “Rujukan Pasien dengan Hernia Inguinalis Dekstra Inkarserata”


          Ini merupakan kesekian-kali nya kami Pencerah Nusantara Lindu Batch 2 merujuk pasien dengan emergency case . Kali ini yang ikut merujuk dan mendampingi pasien  ke Rumah Sakit Anutapura di Palu adalah Perawat Nina dan Sanitarian Rino. Pasien yang dirujuk adalah dengan Hernia Inguinalis Dekstra Inkarserat.

Pasien Ditandu untuk dirujuk ke RS di Palu
Pasien Tn. E usia 32 tahun berasal dari salah satu dusun sulit yang berada di Kecamatan Lindu yaitu Dusun Lembosa. Awalnya pasien dan keluarga datang kesatu-satunya Polindes yang berada di seberang Danau Lindu yang berada di dusun Kanawu Bawah yang ditempati oleh Perawat Selvi, untuk menuju polindes pasien dan keluarga harus melewati kebun cokelat dan ilalang. Pasien dibawa dengan cara dipikul/ digendong oleh keluarga selama 1,5 jam perjalanan kaki menuju Polindes. Sesampai di Polindes Perawat Selvi langsung merujuk pasien ke Puskesmas Lindu karena penyakit yang di derita oleh pasien tidak bisa ditangani oleh Perawat Selvi. Dengan didampingi Perawat Selvi pasien dibawa menyeberang danau dengan kapal dan sampai di desa tomado tempat beradanya Puskesmas.

Pasien sampai di Puskesmas Lindu sekitar pukul 15.00. Perawat Selvi langsung memanggil kami  (red. PN 2 Lindu) yang berada dan tinggal di rumah dinas puskesmas. Kami langsung menuju puskesmas untuk melakukan tindakan dan pertolongan. Pasien diperiksa oleh dr.Rahmi dan didiagnosa dengan Hernia Inguinalis Dekstra Inkarserat. Dengan dibantu Perawat Selvi dan Perawat Nina dipasangkan impus kepada pasien. Selama beberapa jam dipantau kondisi pasien dan dr. Rahmi menyarankan untuk dirujuk ke rumah sakit karena dilihat dari kasus yang sudah diderita pasien. Karena pertimbangan berbagai hal akhirnya diputuskan untuk merujuk pasien esok harinya. Pasien sempat dirawat satu malam di Puskesmas Lindu.



Ditandu 4 jam Jalan kaki turun gunung

Keesokan harinya pasien dirujuk ke Rumah Sakit Anutapura di Palu. Untuk mencapai rumah sakit harus turun dari Lindu menuju sidaunta (tempat adanya akses jalan raya)dari Puskesmas Lindu menuju Sidaunta pasien harus ditandu dan berjalan kaki menyusuri Hutan Taman Nasional Lore Lindu selama 4 jam. Setelah 4 jam perjalanan kaki sampai di Sidaunta dan mobil
ambulance Puskesmas Lindu sudah di Standby-kan di sana. Pasien pun segera dibawa menuju rumah sakit untuk mendapat pertolongan dan penanganan yang lebih lanjut.

By. Rino Irvan Satria, Amd.KL  /@ninoxirvan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar