Selasa, 01 April 2014

Raga Yang Kuat Cermin Masyarakat yang Sehat


Pemberdayaan masyarakat dapat dimulai dari rumah tangga karena anggota rumah tangga merupakan aset atau modal pembangunan yang perlu dijaga, ditingkatkan, dan dilindungi kesehatannya. Beberapa anggota rumah tangga mempunyai masa rawan terkena penyakit salah satunya lansia oleh karena itu anggota rumah tangga perlu diberdayakan agar berprilaku hidup bersih dan sehat .

Senam Massal di Lapangan Desa Tomado
Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran  sehingga anggota keluarga dapat menolong diri sendiri dalam hal kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan kesehatan dimasyarakat. Salah satu indicator PHBS adalah melakukan aktivitas fisik oleh karena itu Pencerah Nusantara II mengadakan senam setiap bulan di Lindu tepatnya di desa Tomado.

 Dengan melakukan aktivitas fisik yang terencana terstruktur dan melibatkan gerakan tubuhyang berulang-ulang dengan tujuan meningkatkan kebugaran jasmani dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot lansia, meningkatkan metabolisme tubuh lansia serta dapat memberikan perasaan santai, percaya diri danmengurangi stess dan yang terpenting meningkatkan integritas sosial dikalangan masyarakat. Dengan adanya senam para lansia mewujudkan tujuan aktivitas fisik di atas.
Perawat Nina & Ibu" bersemangat dalam rangk

Pencerah Nusantara II mengadakan senam setiap bulannya dilapangan Tomado. Antusias masyarakat sangat tinggi untuk menghadiri senam ini, sehingga yang datang senam bukan para lansia saja tapi pra lansia dan wanita dewasa pun hadir. Tingginya antusias masyarakat membuat Pencerah Nusantara harus menyediakan gerakan senam untuk semua umur. Pada bulan pertama senam Pencerah Nusantara II mengadakan senam untuk lansia saja tapi pada bulan kedua PN menyediakan senam untuk semua umur, untuk lansia gerakan senamnya lebih pelan.

Pada awal kegiataanya kegiatan, PN II mengukur TD , berat badan dan tinggi badan para peserta senam, setelah senampun dilakukan pengukuran TD kembali. Dengan adanya kegiatan ini PN II dapat mengetahui keadaan fisik lansia dan status gizi lansia tiap bulannya, tidak hanya itu para peserta juga dibekali pengetahuan tentang kesehatan melalui penyuluhan yang berkisar 10 menit sampai 15 menit.
Sebelum Senam dilakukan pengecekan Tekanan darah oleh rino

Tinggi Badan Diukur Dulu 

Ibu-ibu Ditimbang dulu, pencatatat dilakukan oleh Arie
Raga sehat cermin masyarakat kuat merupakan slogan masyarakat Lindu untuk sebagai pesemangat mereka untuk rajin datang kesenam. Sehat masyarakat Lindu. hadiri senam Pencerah Nusantara II……………………………………..

by. Seveni Ovanina, AMKG

1 komentar:

  1. bagus ya kegiatannya
    Acaranya sangat bermanfaat ni, untuk instruktur senamnya apakah seorang ibu rumah tangga juga?
    dan ada yang tau info tentang toko baju senam murah secara on line nggak, kalo ada mohon infonya yaa, trims :)

    BalasHapus