Selasa, 01 April 2014

Lomba Desa Se-Kabupaten Sigi


Banyak program yang dicetuskan oleh pemerintah Indonesia untuk mensejahterakan rakyat yang sesuai tercantum dalam preambule UUD 45. Salah satunya adalah Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau disingkat dengan PKK, yang merupakan program pengembangan pemerintah yang bertujuan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat harus diukur dari unsur yang paling kecil ditengah masyarakat dan dititik pusatkan pada kelompok paling kecil dalam masyarakat yaitu keluarga.

Di Kabupaen Sigi program PKK sudah dilakukan walaupun Kabupaten Sigi masih dikategorikan sebagai Kabupaten yang baru dan berkembang. Lomba desa merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh PKK kabupaten Sigi. Kecamatan Lindu ikut serta dalam lomba desa tersebut. Kecamatan Lindu kali ini mengutus salah satu desa yangberada di Lindu. Desa yang diajukan untuk lomba desa tingkat kabupaten sigi adalah desa Tomado.

Lomba Desa di Desa Toamdo Lindu
Lomba desa untuk Lindu dijadwalkan pada hari Rabu, 19 Maret 2014. Serangkaian kegiatan dilakukan untuk mempersiapkan Desa Tomado. Persiapan mulai dari lingkungan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan lain sebagainya yang sesuai dengan 10 program pokok PKK yang dibagi menjadi empat  Kelompok Kerja atau Pokja PKK.

Kami Pencerah Nusantara Lindu Batch 2 dan PKK Kecamatan Lindu membantu membimbing PKK Desa. Dalam lomba desa ada perlombaan 4 penyuluhan yaitu, penyuluhan KDRT, Hatinya PKK, PAUD, dan Posyandu. Juga ada lomba pidato dari Masing-masing Ketua PKK yang ada di Kecamatan Lindu. Kami (red. PN Lindu) membantu memberikan materi dan pembinaan saat melakukan penyuluhan. Setiap desa di kecamatan Lindu mewakili lomba penyuluhan, materi Paud dibawakan oleh kader Desa Langko, materi KDRT oleh kader Desa Tomado, materi Posyandu oleh kader Desa Anca, dan Materi Hatinya PKK oleh kader dari desa Puroo.
Pesiapan lomba oleh kader
Simulasi Lomba penyuluhan KDRT dari Kader desa Tomado

Dalam Lomba desa Hari Rabu, 19 Maret tim juri dari kabupaten datang untuk melakukan penilaian. Semua dipersiapkan denga matang. Acara dibuka oleh ketua adat dan camat yang diwakili oleh sekretaris camat. Dewan juri dari kabupaten mulai menalai dalam perlombaan, mulai dari kebersihan dan keadaan lingkungan desa Tomado, TOGA di setiap rumah warga, Rumah sehat dan Posyandu. juga penilaian lomba penyuluhan dan pidato masing ketua PKK desa. Lomba Acara berjalan dengan lancar sampai berakhir lomba.

Penilaian Pokja PKK
Penilaian Pokja PKK

By. Rino Irvan Satria, Amd.KL/ @ninoxirvan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar