Jumat, 05 April 2013

OPTIMALISASI REKAM MEDIS DAN FARMASI

Puskesmas Lindu sudah memiliki family folder/ rekam medis, hanya saja letak family foldernya tidak berurutan, sehingga sering merasa kesulitan saat meregistrasi pasien yang ingin berobat. Rekam medis menjadi suatu yang sangat penting untuk sebuah puskesmas dimana disana tertulis riwayat penyakit dahulu, dan terapi yang pernah diberikan, sehingga memberikan kemudahan untuk dokter, bidan, dan perawat untuk memberikan pengobatan kepada pasien. oleh karena itu kami merasa perlu melakukan optimalisasi rekam medis. Sehingga siang itu setelah jam Puskesmas selesai kami bersama staf puskesmas membereskan rekam medis menyusunnya sesuai abjad. Hasilnya bisa dilihat di foto-foto berikut ini.

Perawat agrisna dan marice, staf puskesmas Lindu sedang menyusun family folder berdasarkan abjad
Dari hasil sweeping banyak juga ditemukan family folder yang dobel-dobel, banyak juga family folder yang nyasar ke desa-desa lain. Namun Dengan peralatan sederhana dari kardus bekas obat, rekam medispun jadi rapih kembali. :) Kami dan staf puskesmas Lindu membuat kesepakatan agar menjaga family folder tetap rapih dan teratur.
hasil kerja siang itu, family folder tersusun sesuai abjad

family folder diberi pembatas karton kardus bekas obat

family folder desa tomado
hasil sweeping, didapatkan setumpuk family folder yang dobel-dobel, kemudian di tipe ex agar bisa dipakai untuk pasien baru
hasil kesepakatan bersama setelah membereskan family folder

Begitu juga dengan gudang farmasi, kami melatih staf puskesmas Lindu, Yanti untuk membuat pencatatan dan pelaporan yang baik dengan membuat kartu stok obat dan menghitung ulang semua obat yang ada digudang.  Kami dan Staf puskesmas yang lain juga membantu mengangkut obat-obatan yang baru diambil dari gudang farmasi dinkes Sigi dan membantu yanti menghitung sisa stok obat. Baik obat-obatan di gudang dan apotek ditata dengan rapih sesuai abjad agar memudahkan saat mencari obat. 

kami bersama staf puskesmas Lindu memindahkan stok obat baru setelah menghitung sisa stok obat lama

obat disusun sesuai abjad

SOP apotek


salam,
dr. Darsuna Mardhiah
Pencerah Nusantara Lindu

4 komentar:

  1. Salut buat temen2 di PencerahNusantara @Lindu, sebuah proses panjang yang berujung pada kematangan pengalaman. Salam tuk teman2 di sana dari crew Teuku Umar 10. Smoga menjadi ladang amal dalam proses beraksi untuk negeri ini.

    BalasHapus
  2. @pak mufti: terima kasih pak telah berkunjung ke blog kami. salam untuk teuku umar's crew

    BalasHapus
  3. Mantaap Tim Lindu...

    ntu mpit kurusan ya dorong2 obat mulu
    kayaknya emak kenal tulisan2 di atas tuh. tulisan mpit bukaaan

    BalasHapus
  4. @PN Pasuruan: Hahaha padahal udah byk disensor fotonya,, hahaha

    tulisan gw mak...emg tulisan gw n mpit mirip...maklum body jg mirip hahaha

    BalasHapus