Sabtu, 28 Februari 2015

Pendampingan ke daerah focus Shistosomiasis


 
Schistosomiasis adalah salah satu penyakit menular yang menjadi masalah kesehatan masyarakat di Lindu yang penduduknya sering melakukan aktivitas di luar rumah dan selalu melakukan kontak dengan air ataupun melewati daerah genangan-genangan air yang telah terinfeksi cacing schistosomiasis.
Sampai saat ini, masalah schistosomiasis di Dataran Lindu masih menjadi fenomena masyarakat dan petugas kesehatan. Prevalensi schistosomiasis di Lindu saat ini masih cukup tinggi, yakni sebesar 1,60%. Berbagai upaya medis baik berupa tindakan preventif maupun promotif sudah dilakukan oleh petugas kesehatan setempat dan juga para kader schistosomiasis di kecamatan Lindu.
Perilaku masyarakat dalam mendukung ataupun mencegah terjadinya penularan penyakit sangat dipengaruhi oleh pengetahuan masyarakat terhadap penyakit tersebut. Dengan pengetahuan yang baik terhadap suatu penyakit akan memberikan pengaruh untuk bersikap dan bahkan melakukan tindakan yang mendukung upaya pencegahan penularan terhadap penyakit.
Pada tanggal 9 – 10 Januari, laboratorium Shistosomiasis Lindu kedatangan tamu dari Perkumpulan Pemberantasan Penyakit Parasit Indonesia (P4I). Mereka yang datang berasal dari Universitas Brawijaya, Universitas Tadulako, Universitas Padjajaran, dan Universitas Maranata. Oleh penanggung jawab dan kader laboratorium shistosomiasis, Tim Pencerah Nusantara Lindu 3 dimintai bantuan untuk turut mendampingi tamu-tamu tersebut ke fokus shistosomiasis yang lokasinya ada di seberang danau Lindu, tepatnya di daerah Paku.
Mereka datang dalam rangka melihat data terkini mengenai schistosomiasis di Lindu. Salah seorang di antara rombongan yang datang juga sedang dalam rangka pengambilan sampel untuk penyusunan disertasi. Sejauh ini, P4I belum memiliki rencana khusus mengenai follow up dari data terkini schistosomiasis yang telah diperoleh. Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi yang turut mendampingi tim P4I berharap P4I dapat memberikan kontribusi terhadap pemberantasan schstosomiasis di Lindu.

Pemeriksaan keong oncomelania
Koleksi sampel keong oncomelania

Para tamu serius memeriksa keong oncomelania

Menggunakan kapal untuk menuju lokasi fokus shistosomiasis

Persiapan kembali pulang ke Tomado

Pemeriksaan  keong di Laboratorium Shistosomiasis
-Rahma Isna Saidah-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar