Sabtu, 28 Februari 2015

Penantian Berbuah Kebahagiaan



Merealisasikan program Itik Ceria Lindu bukanlah proses yang singkat bagi tim Pencerah Nusantara Lindu. Program ini mula-mula telah diinisiasi oleh tim Pencerah Nusantara angkatan 1, kemudian diupayakan oleh tim Pencerah Nusantara 2 untuk direalisasikan, hingga akhirnya baru bisa direalisasikan pada periode tim Pencerah Nusantara 3 bertugas.
Itik Ceria Lindu merupakan kegiatan usaha kader yang dimaksudkan untuk dapat mendukung ketersediaan dan pengembangan dana sehat posyandu ternak itik. Itik merupakan salah satu aset nasional dan sekaligus komoditas yang bisa diandalkan sebagai sumber gizi dan sumber pendapatan masyarakat. Jenis bibit unggul yang diternakan di Indonesia adalah jenis itik petelur. Itik cocok hidup di daerah dataran tinggi, dan kecamatan Lindu merupakan daerah dataran tinggi di provinsi Sulawesi tengah.
Lokasi yang ideal untuk budidaya itik untuk pemeliharaan adalah jauh dari suara bising, dan mudah mendapatkan air untuk perkembangan itik. Ternak itik juga disebut unggas air karena sebagian kehidupannnya dilakukan ditempat berair, itik juga banyak dijumpai di rawa-rawa, pesawahan, muara sungai, karena daerah tersebut dimanfaatkan itik menjadi tempat bermain dan mencari makan. Lindu memiliki banyak perairan diantaranya danau Lindu, rawa-rawa, dan sungai. Dengan potensi ini diharapkan kegiatan ternak itik mampu menjadi sumber keuangan untuk dana sehat.
Adalah dusun Kangkuro, yang merupakan salah satu dusun di Desa Tomado yang posyandunya berkesempatan menjadi pilot project usaha kader mandiri berupa Itik Ceria Lindu. Dusun Kangkuro yang lokasinya jauh di seberang danau, banyak rawa-rawa, persawahan dan jauh dari keramaian sangat cocok untuk usaha ternak itik.
Persiapan sebelum pemberian PMT

Telur itik untuk PMT

Seorang anak balita antusias menerima PMT


Para kader posyandu Kangkuro, Ibu Hantia, Ibu Neti, Ibu Rosmin, Ibu Betina, dan Ibu Rahel sangat berbahagia karena akhirnya hasil kerja keras mereka memelihara itik membuahkan hasil. Mereka berharap produksi telur itik terus meningkat dari hari ke hari supaya dapat dimanfaatkan untuk PMT (Pemberian Makanan Tambahan) saat posyandu dan juga meningkatkan pendapatan keluarga para kader.
-Rahma Isna Saidah-

1 komentar:

  1. Alhamdulillah....
    akhirnya ter-realisasikan juga.. kerja keras pencerah nusantara Lindu.

    BalasHapus