Minggu, 01 Maret 2015

Intervensi Kandang Itik Milik Kader Posyandu


           Semenjak datangnya bantuan itik untuk kader posyandu, kabar menggembirakan datang juga menyusul kabar bahwa itik telah bertelur. Ibu Hantia atau akrab disapa Mama Iki, salah satu kader posyandu dusun Kangkuro, dengan bangga melaporkan bahwa itik miliknya telah bertelur secara rutin setiap hari. Meski demikian, beberapa kader yang lain mengeluhkan karena itik miliknya belum bertelur.
Hal demikian tentu saja bisa terjadi karena perbedaan manajemen ternak itik yang berbeda-beda yang dilakukan oleh kader Posyandu. Menyikapi hal tersebut, tim Pencerah Nusantara Lindu 3 melakukan intervensi terhadap kandang milik kader. Meski sebelumnya juga telah dilakukan penyuluhan dan juga survey kelayakan kandang, dalam prakteknya, belum semua kader mengaplikasikan ilmu ternak itik yang telah diperoleh dan beberapa intervensi yang telah dilakukan saat survey.
Kandang milik ibu Bertina misalnya, kondisinya terlalu lembab dan tidak ada cahaya matahari yang masuk ke dalam kandang. Atau kandang milik ibu Neti yang terlalu sempit sehingga terlalu padat untuk itik.
Intervensi untuk pembenahan kandang itik

Pemantauan kondisi kandang itik 

Secara rutin setiap bulan akan terus dilakukan monitoring dan evaluasi supaya usaha kader mandiri ini benar-benar memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan taraf kesehatan balita dan juga peningkatan pendapatan keluarga.

 -Rahma Isna Saidah-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar