Sabtu, 31 Mei 2014

"SSBPN2" Ayo bebaskan Sekolah Dari Sampah



Kamis 27 Maret 2014
Merupakan kali ketiganya kami Tim Pencerah Nusantara Lindu Angkatan 2 datang ke sekolah. Seperti pada bulan-bulan sebelumnya maksud dan tujuan kedatangan kami ke sekolah adalah memberikan penyuluhan dan edukasi kesehatan kepada murid-murid SD kelas empat, lima dan enam di SD Inpres Tomado. Kedatangan kami kali ini ke sekolah SD Inpres Tomado didamping oleh Kepala Puskesmas Lindu dan pegawai Puskesmas Lindu yang memegang program UKGS, serta salah satu orang perawat pengabdi Pukesmas Lindu. Tujan kami mengajak pemegang program UKGS Puskesmas Lindu adalah agar kegiatan ini dapat berlanjut untuk kedepannya setelah kami Pencerah Nusantara tidak lagi berada di Lindu.

Pada kesemepatan kali ini yang memberikan materi edukasi adalah Sanitarian Rino. Materi edukasi yang diberikan kali ini adalah materi yang erat hubungannya dengan kesehatan lingkungan yaitu tentang sampah dan pengolahannya. Sampah dan pengolah merupakan salah satu dari delapan indikator PHBS yang dicanangkan di Sekolah di Lindu. Kami diberi waktu 1 jam untuk melakukan edukasi kesehatan. 

Sanitarian Rino memberikan materi Sampah
Pembukaan penyuluhan ini dibuka oleh Perawat Gigi Nina yang dengan antusias menyapa  murid. Pada saat pembukaan kegiatan ini Perawat Nina menanyakan hal ini kepada siswa “siapa yang tidak mandi dan tidak gosok gigi kesekolah? Pertanyaan ini merupakan pancingan untuk murid-murid agar mereka terbiasa melakukan kegiatan tersebut sebelum kesekolah. Kegiatan selanjutnya adalah memperkenalkan pemegang program UKGS yaitu Perawat Agi dan Perawat Eifer kepada murid-murid. Setelah mereka memperkenalkan diri Sanitarian Rino langsung memberikan penyuluhan kepada murid-murid. Memberikan materi tentang sampah meliputi pengertian sampah, jenis-jenis sampah, cara pengolahan sampah serta dampak yang ditimbulkan apabila sampah tidak dikelola dengan baik. Media yang digunakan dalam edukasi kesehatan ini adalah lembar balik. Hal ini dipilih agar murid-murid dapat melihat contoh sampah yang dihasilkan dilingkungan sekitar, juga gambar-gambar yang menarik agar murid tertarik saat dilakukannya penyuluhan dan edukasi kesehatan ini.

Anak-anak serius mendengarkan materi
Saat diberikan penyuluhan tentang sampah, murid-murid diajak untuk berinteraksi agar mereka fokus terhadap penyuluhan dan materi yang diberikan. Setelah dilakukan penyuluhan, untuk me-review kembali materi yang diserap oleh murid maka kami memberikan pertanyaan tentang  materi sampah yang telah disampaiakan. Murid-murid yang dapat menjawab pertanyaan yang kami lontarkan diberi reward  berupa alat-alat tulis yang menarik. Akhir kegiatan ini ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh salah seorang murid kelas 6.

by.Rino Irvan Satria, Amd.KL/ @ninox_irvan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar