Jumat, 06 Desember 2013

FESTIVAL DANAU LINDU 3 & FOTO BARENG AKTOR REY SAHETAPY


Festival Danau Lindu atau disingkat dengan FDL merupakan suatu event yang diselenggarakan setiap tahunnya di Kabupaten Sigi, Propinsi Sulawesi Tengah. FDL pada tahun ini merupakan kegitan FDL ke-tiga. FDL pertama kali di laksanakan pada tahun 2009 dan sempat terhenti pada tahun 2012 karena bencana alam Gempa Bumi. Setiap pelaksanaan FDL dilakukan pemilihan Duta Wisata Kab. Sigi. yang ditugaskan menjadi duta wisata dan menjalankan program-program kepariwisataan di Kab. Sigi.
            Merupakan suatu keberuntungan bagi kami Tim Pencerah Nusantara Lindu Batch 2 dapat ikut serta dalam kepanitian dan perayaan event sebesar ini. Tim Pencerah Nusantara Lindu Batch 2 dan Puskesmas Lindu berkolaborasi menjadi seksi kesehatan pada rangkauan FDL 3 kali ini. Rapat pertama sebelum pelaksanaan FDL 3 dilaksanakan pada 12 Oktober 2013 bertempat di Kantor Camat Lindu yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, serta dinas-dinas yang terkait dalam pelaksanaan FDL 3 kali ini.
 
Rapat FDL di Kantor Camat
 
Festival Danau Lindu dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 21 s/d 23 November 2013. FDL Kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada FDL tahun sebelumnya hanya melaksakana pertunjukan dan pagelaran kesenian namun, FDL kali ini lebih memilih konsep tema lingkungan dan ekowisata. Hal ini mengingat di Kab. Sigi tepatnya di Kecamatn Lindu terbentang Danau Lindu dan Taman Hutan Nasional Lorelindu, serta penyakit purba endemik yang hanya terdapat di sepanjang bentangan Danau Lindu, yaitu Penyakit Schistosomiasis. Konsep ini menjadi konsep unggulan supaya festival sebesar ini bisa dilirik oleh masyarkat nasional ataupun internasional dan diharpkan bisa menjadi event yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh mereka.
Selama tiga hari berturut-turut dilaksanakan pertunjukan dan pegelaran. Hari pertama tanggal 21 November 2013 pelaksanaan FDL dibuka langsung oleh Bapak Gubernur Sulawesi Tengah, Bapak Drs. H. Longki Djanggola, M.Si dan Bapak Bupati Kab. Sigi, Ir.H Aswadin Randalembah, M.Si. Serta dihadiri oleh Duta Lingkungan sekaligus artis ibu kota, Ully Rusady. Pada saat pembukaan FDL 3 dilakukan upacara peyambutan dalam bentuk upacara adat (Pantodoi). Setiap tamu undangan dan pengunjung baik laki-laki maupun perempuan diwajibkan memakai aksesoris kepala yang disebut Siga. Merupakan aksesoris di kepala pada setiap upacara adat yang wajib dipakai dan apabila tidak dipakai akan dikenakan sanksi adat. Sanksi berupa penyembelihan satu ekor kerbau sebagai denda




Pada hari kedua FDL 3, 22 November 2013 Tim Pencerah Nusantara Lindu Batch 2 berkolaborasi dengan PMI dan Puskesmas Lindu mengadakan acara donor darah dan pemeriksaan golongan darah. Acara donor darah ini bertujuan untuk membentuk bank donor darah dan kantong donor darah di Kecamatan Lindu, agar kecamatan mempunyai data golongan darah warganya. Pada acara donor darah ini banyak orang-orang yang menyumbangkan darahnya diantaranya Bapak Camat Lindu, beberapa staff puskesmas Lindu serta tim pencerah Nusantara Lindu Batch 3. Acara donor darah kali ini didapatkan 23 kantong darah dan 51 orang melakukan pemeriksaan golongan darah.

 
Registrasi Peserta Donor darah dan pemeriksaan Gol. Darah




Pada malam terakhir acara puncak FDL 3, tanggal 23 November diadakan pemilihan duta wisata Kabupaten Sigi Tahun 2013. Duta wisata merupakan beberapa orang finalis pemuda dan pemudi yang di utus dari masing-masing kecamat di Kabupaten Sigi. Setiap kecamatan mengutus 1 pemuda dan 1 pemudi. Pemenang duta wisata tahun ini untuk pemuda diraih oleh duta wisata asal Kecamatan Lindu, dan untuk pemudi diraih oleh duta wisata asal Kecamatan Gumbasa. Pada malam penutupan ini acara ditutup langsung oleh Bapak Bupati Kabupaten Sigi, Ir.H Aswadin Randalembah, M.Si. serta hadirnya actor kawakan berdarah Sulawesi yaitu Om Ray Sahetapi.

 
Foto bareng Om Rey Sahetapy

 
PN 2 Lindu dan Dokter PTT Lindu


by. Rino Irvan Satria, Amd.KL








Tidak ada komentar:

Posting Komentar