Sabtu, 11 Mei 2013

AISH NO TO DRUGS


4 Mei 2013


"Pikiran sangat berpengaruh, pikiran bisa menjadi penyebab kegagalan dan bisa pula menjadi pendukung keberhasilan. Pikiran adalah sumber percaya diri"

Lindu jauh di seberang gunung, terkenanglah sebuah hutan paru-paru dunia. Penduduknya ramah, bertahtakan kearifan lokal budaya. Manusia-manusianya sibuk bekerja, belajar, dan beramal. Namun hiruk-pikuk transportasi tiada hentinya meskipun hanya diakses dengan kendaraaan beroda dua.

Saat kami menghadiri acara perpisahan anak KKN universitas Tadulako di Desa Anca, tiba-tiba adik Enji remaja lindu kelas 5 SD yang juga sering belajar di rumah kami dengan kepolosan bertanya “ Kak narkoba itu apa sich ? “

meskipun anak-anak seusianya dibeberapa tempat lain sudah mengerti dan mengenal baik bentuk dan jenis NAPZA. Namun di sini baru mendengarnya karena tidak ada akses informasi masih minim, syukurlah sudah ada beberapa rumah memiliki TV dengan dua sampai tiga siaran saja dengan menggunakan parabola, namun listrik hanya malam jadi hanya bisa menikmati “putih abu-abu” sederet iklanpun nyaris tidak adalagi informasi kesehatan.
 
penyuluhan narkoba di SMP 1 Lindu


refreshing dulu biar ga ngantuk

Dengan mematahkan rumor adanya peredaran obat-obat terlarang dan seorang intel mencari kebenaran namun hal itu tidak benar, karena ternyata yang didapatkan hanyalah pasien tetap dr. darsuna yang suka insomnia, frustasi dan rutin meminum obat-obatan jiwa, pasien ini sudah merupakan pasien tetap puskesmas Lindu dan RS Jiwa selama bertahun-tahun. pasien ini juga handal berbahasa inggris.

Penyuluhan narkoba merupakan kegiatan yang perlu dilakukan secara terus menerus, Kali ini saya, dr. Gungwik dan perawat agrisna penanggung jawab program UKGS melakukan promkes keliling di SMP 1 Lindu.  Awal april lalu kami pernah melaksanakannya di SMP Maradindo diseberang danau, karena generasi muda selalu berkesinambungan dan mereka memerlukan penyuluhan mengenai bahaya narkoba.



“Pemuda dan pelajar merupakan generasi penerus yang sangat strategis bagi survival suatu bangsa. Oleh sebab itu kalian harus dilindungi dari berbagai bahaya terutama narkoba,” imbuh dr. Gungwik.

Disela-sela berjalannnya penyuluhan yang kami bawakan dengan sedikit serius dan santai membuat adik-adik menikmatinya dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti, apa sih gejala yang timbul jika terus menggunakan narkoba? tutur adik Zaky.  Dengan trik dan penyampaian kami berusaha menyampaikan materi yang mudah dicerna oleh mereka meski tanpa penggunaan LCD .

Memperkenalkan jenis,tanda dini, dampak penggunaan narkoba, meningkatkan prestasi, dan memerangi narkoba. Keyakinan bahwa bila mencoba sekali takkan ketagihan adalah salah satu penyebab penggunaan narkoba, karena sekali memakai narkoba maka mengalami ketagihan dan sulit untuk di hentikan. Maka dari itu, jika ingin terhindar dari narkoba, harus dapat menjauhkan diri dari hal-hal yang memungkinkan untuk mencoba dan bersentuhan dengan narkoba.

Dengan mengutip ucapan teman kami di Lindu yang seorang penyandang retardasi mental yang sering mengatakan " AISH NO"... Maka dengan ini kami tutup posting ini dengan slogan "AISH NO TO DRUGS"

wassalam,
Usman, SKM
Pencerah Nusantara Lindu Batch I




Tidak ada komentar:

Posting Komentar