Kamis, 04 Desember 2014

Pembentukan Karakter dengan Keg.Pramuka ( Bermain Kowu Langa/Kayu Panjang)

Pramuka mempunyai peran penting sejak didirikan pada 14 Agustus 1961 dalam pembentukan karakter kaum muda yang cerdas, berakhlak mulia, dan terampil. Kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia dimasa yang akan datang berada ditangan mereka. Gerakan Pramuka, bisa menjadi wahana pendidikan watak kepemimpinan dan jiwa bela Negara berdasarkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Pancasila, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Di Kecamatan Lindu, Kegiatan Pramuka dilakukan setiap Hari Sabtu di semua sekolah diantaranya SD Negeri Anca, SD Bala Keselamatan Tomado dan SMP Negeri 1 Lindu. Kecamatan yang dikategorikan daerah terpencil ini, kegiatan Pramuka baru digalakkan. Persiapan untuk Pembina Pramuka dari masing-masing sekolah baik tingkat Siaga/SD, Penggalang/SMP maupun Penegak/SMA sudah dilakukan pelatihan pada Bulan Oktober 2014 oleh Kwarda Prov. Sulawesi Tengah.
Adik-adik mendengarkan penjelasan kakak pembina tentang Kowu Langa



Kegiatan Pramuka sangat disambut meriah oleh anak-anak Lindu. Sebutan yang paling populer untuk mereka di dunia Pramuka adalah adik-adik. Tidak terlepas dari semangat adik-adik, semangat orang tua pun terlihat dari memenuhi kebutuhan atribut kepramukaan. Memberikan pembelajaran tidak terfokus pada materi didalam ruangan. Bermain diluar ruangan dan bersama alam dapat melatih mereka dalam membangun karakter. Bermain Kowu Langa/Kayu Panjang bersama adik-adik sangat menyenangkan. Hentakan Kowu Langa ketanah menjadi tempo untuk lagu yang dapat didendangkan. 

Ns.Rezi menjelaskan permainan Kowu Langa

Ketawa mereka, menjadi suatu sinar yang cerah untuk Bangsa. Bersama tim Pencerah Nusantara Bacth III Lindu dapat menjadikan generasi muda berkepribadian tangguh, budi pekerti luhur, rukun dan bersatu inilah diharapkan mampu mengemban tugas sejarah untuk masa depan Indonesia yang lebih terang dan gemilang.

~Ns.Rezi Mawaldi,CBWC~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar