Sabtu, 06 April 2013

Penyerahan Bantuan Dari PMI kepada siswa-siswi Sekolah di Kecamatan Lindu


13 Maret 2013

Hari ini adalah hari penyerahan bantuan peralatan sekolah dari Komunitas Indonesia (KOIN)  melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Tengah di Lindu. Acara ini diadakan di SD BK. Dalam Acara ini dihadiri oleh ibu bupati yang juga merupakan Ketua PMI Cabang Sigi, Kepala Dinas Pendidikan, Ketua PMI Prov beserta jajarannya, Kepala UDD (Unit Donor Darah) PMI Sulteng. Kepala UPTD Kec. Lindu, Camat Lindu, Kepala Sekolah bersama  guru-guru sekolah di Lindu, dan siswa-siswi SD dan SMP yang ada di Lindu yang tak sabar menunggu pembagian tas,sepatu,buku,alat tulis, dan snack dari PMI.
penyerahan bantuan dihadiri ibu bupati sebagai ketua PMI Kabupaten Sigi


Perkenalan Tim PN Lindu dengan PMI Sulteng sudah sejak awal kami menginjakkan kaki di Palu, Dr. Gungwik yang juga merupakan anggota PMI di Bali diperkenalkan dengan Staf PMI sulteng lewat teman PMI bali. Kami merasa sangat perlu menjalin hubungan baik dengan PMI sulteng, karena Lindu merupakan daerah yang rawan bencana alam, dan PMI memiliki UDD yang sangat membantu warga Lindu bila memerlukan darah. Sebelum Hari H Pembagian Bantuan kami sempat berbincang-bincang dengan dr. Mongi yang merupakan Kepala UDD PMI, perbincangan seru ini bisa dibaca disini

Acara hari ini dimulai dengan sambutan dari petinggi-petinggi yang hadir hari itu, Kemudian MOU antara Kepala sekolah dan PMI, pembagian bantuan secara simbolis yang diterima oleh anak-anak SD, dan sesi tanya jawab dari tamu yang hadir, dan diakhiri pembagian bantuan langsung kepada anak –anak SD di Kecamatan Lindu.
ibu bupati menandatangani surat penyerahan bantuan

kepala sekolah se-Kecamatan Lindu menandatanganan surat penyerahan bantuan 
ibu bupati menyerahkan kepada perwakilan murid  SD

saya menyerahkan bantuan kepada Murid SD :)

Foto bersama perwakilan murid SD dan SMP
foto bersama ketua PMI sulteng, ibu bupati, Kadis Pendidikan, Kepala UPTD, Camat Lindu 
Anak-anak yang sabar sedang menunggu di Luar halaman untuk mendapatkan tas dan sepatu baru :)

Dalam kesempatan sesi tanya jawab, salah seorang kepala sekolah mengajukan saran pembentukan PMI di kecamatan Lindu. Dan ketua PMI kab Sigi menjawab bahwa sudah dibentuk PMI ranting Lindu, namun pelantikannya akan dilaksanakan akhir bulan ini di Kulawi. Tim PN Lindu sempat membantu pak budi, staf PMI yang sering berkomunikasi dengan kami untuk pembentukan PMI Ranting Lindu. Tim PN Lindu dan kepala puskesmas memberikan nama staf puskesmas yang bisa dijadikan pengurus PMI ranting Lindu.

Sambil menyelam minum air, kamipun mengadvokasi beberapa hal yang perlu kami sampaikan kepada ibu bupati selaku ketua PKK kab Sigi mengenai kader-kader Posyandu Lindu yang selama ini hanya bersifat sukarela, karena belum disepakatinya alokasi ADD oleh kepala desa untuk Posyandu. Ibu bupati akan berusaha memperjuangkan uang transport untuk kader posyandu. Kami juga sempat berbincang mengenai realisasi program sejuta telur yang merupakan program bupati kabupaten sigi untuk memberi PMT (Pemberian makanan Tambahan) di Posyandu dalam rangka mengurangi gizi buruk yang juga merupakan salah satu target MDGs 2015, dan ibu bupati mengatakan program sejuta telur akan dirilis saat ulangtahun Kabupaten Sigi bulan Juni. Kamipun mengharapkan program ini dapat direalisasikan secepatnya,karena Riskesdas lindu akan dilaksanakan pada bulan april.

Bak pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, kamipun berkesempatan berbincang dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sigi, kami menceritakan bahwa kami setiap hari Jumat,Sabtu,Minggu mengajarkan anak-anak SD dan SMP di Lindu sambil mempromosikan kesehatan. Kami bertanya apakah kami bisa mendapatkan buku cetak pelajaran matematika dan bahasa inggris untuk diajarkan kepada anak-anak yang kami ajar, karena selama ini kami mengajarkan pelajaran tidak sesuai kurikulum karena harus mengajar 3 kelas sekaligus. Beliaupun dengan baik hati bersedia memberikannya bila kami berkunjung ke kantornya di biromaru saat turun ke kota.


 wassalam,
dr.Darsuna Mardhiah
Pencerah Nusantara Lindu batch I


1 komentar:

  1. Kereen Darsuna
    Ini baru advokasi yang tepat sasaran
    Selalu semangat yaa

    BalasHapus